PENTINGNYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH

  • Hoktaviandri Hoktaviandri Jurusan Ilmu Agama Islam FIS UNP
  • Mislaini Mislaini Jurusan Ilmu Agama Islam FIS UNP
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Inklusif

Abstract

Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah hanya memiliki penekanan kepada topik-topik yang memperkuat iman dan jalannya menuju akhirat, tanpa adanya kesadaran akan pentingnya dialog antar umat beragama. Kondisi ini membuat Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi sangat ekslusif dan tidak toleran. Dewasa ini, Pendidikan Agama Islam (PAI) harus dilakukan reorientasi filosofis-paradigmatik tentang bagaimana membuat peserta didik memahami tentang agama yang lebih inklusif, pluralistic, multicultural, humanistic, dialog, persuasive, kontekstual, substansial, dan aktif secara social. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan pendidikan multicultural di sekolah melalui sejumlah materi Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad,Nur (ed). 2001. Pluralitas Agama Kerukunan dalam Keragaman. Jakarta: PT. Gramedia.

La Belle, Thomas J., & Christoper R. Ward. 1994. Multiculturalism and Education: Diversity and Its Impact on Schools and Society. United State of University of New York Press.

Madjid, Nurcholish, 1999. Masyarakat Madani dan Investasi Demokrasi: Tantangan dan Kemungkinan, Republika: 10 Agustus 1999

Mahfud, Choirul. 2008. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhaimin, 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Masgnud, 2010. Pendidikan Multikultural; Pemikiran dan Upaya Implementasinya. Yogyakarta: Idea Press.

Maksum, Ali. 2011. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Yogyakarta: Aditya Media.

Muhajir, As’aril. 2011. Ilmu Pendidikan Perspektif Konteksual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nata, Abudin. 2009. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nursisto. 2008. Membumikan Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Adicita.

Nuryatno, M. Agus. 2008. Mazhab Pendidikan Kritis: Menyikap Relasi Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book.

Prasetyo, Eko. 2011. Orang Miskin Dilarang Sekolah. Yogyakarta: Resist Book.

Sadir, Darwis, Piagam Madinah, (al-Qanun: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam, Vol.5, no.1, Juni 2003

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.

Published
2020-12-14
How to Cite
Hoktaviandri, H., & Mislaini, M. (2020). PENTINGNYA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DI SEKOLAH. Jurnal Kawakib, 1(1), 13-22. https://doi.org/10.24036/kwkib.v1i1.9