IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pedidikan Agama Islam melalui model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), data penelitian diambil dari 26 orang peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi dengan dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis persentase. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena peserta didik sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hal itu dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan pada setiap siklus, siklus I (73%) dan siklus II (88%).
Downloads
References
Amanda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., ... & Arifin, Z. (2020). Bentuk dan dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19-32.
Agusti, F. A., Zafirah, A., Engkizar, E., Anwar, F., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students Through Congkak Game for Mathematics Instructional Media. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2).
Bahtiar, Abd. Rahman. 2012. Prinsip-Prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbawi,1(2).
Dangnga, Muhammad Siri dan Muis. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makasar: Sibuku.
Darmansyah dan Darman, Regina Ade. 2017.Strategi Pembelajaran. Padang: Erka CV. Rumahkayu Pustaka Utama.
Engkizar, E., Muliati, I., Rahman, R., & Alfurqan, A. (2018). The Importance of Integrating ICT Into Islamic Study Teaching and Learning Process. Khalifa Journal of Islamic Education, 1(2), 148-168.
Hariyanto dan Warsono. 2014. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Putra, S., ... & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu'allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3(2), 107-125.
Melvin L.Siberman ,(2012), Active Learning, 1001 Cara Belajar Aktif, Bandung; Nuansa, hal.200.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Ngalimun.2014. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Rusman. 2017.Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
Samrin. 2015. Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jurnal Al-Ta`dib, 8(1).
Susanti, Desi. (2017). Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Edureligia, 01(01)
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiarto. 2004. Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan Berpikir Helistik Dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikul 2013. Jakarta: Ar-Ruzz. Hlm 105
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB I, Pasal 1, (Jakarta : Sinar Grafika,2014),
Tarigan, Arleni. 2016. Penerapan Hasil Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang
Yusnita, Y., Eriyanti, F., Engkizar, E., Anwar, F., Putri, N. E., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Effect of Professional Education and Training for Teachers (PLPG) in Improving Pedagogic Competence and Teacher Performance. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 123-130.
Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).
Copyright (c) 2020 Rahmy Chandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.