IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan informasi dan membahas tentang upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian peserta dididk kelas IV Sekolah Dasar dengan jumlah peserta didik 19 orang. Penelitian dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian digunakan empat alat pengumpulan data yaitu, observasi lapangan, wawancara, hasil tes dan bukti dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase dan reduksi. Berdasarkan hasil penelitian terkait dengan hasil belajar menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena peserta didik sudah berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan. Hal itu dapat dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu Siklus I (47%) dan siklus II (89%).
Downloads
References
Afandi,Muhammad,dkk.2013.Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.Semarang:Unissila Press
Amir, M.Taufiq.2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.
Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., ... & Arifin, Z.(2020). Bentuk dan dampak perilaku bullying terhadap peserta didik. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19-32.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta. Prestasi Pustaka Puplisher.
Dangga, Muhammad Siri & Muis. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makasar : Sibuku.
Darmansyah Darman, Regina Ade. 2017.Strategi Pembelajaran. Padang: Erka CV. Rumahkayu Pustaka Utama.Sumantri, Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Kemendikbud. 2014.Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang PenilaianHasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan PendidikanMenengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Kasmar, I. F., Amnda, V., Mutathahirin, M., Maulida, A., Sari, W. W., Putra, S., ... & Engkizar, E. (2019). The Concepts of Mudarris, Mu'allim, Murabbi, Mursyid, Muaddib in Islamic Education. Khalifa Journal of Islamic Education, 3(2), 107-125.
Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. 2010. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata PenaMedia Group.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Nata,Abuddin.2013.Filsafat Pendidikan Islam. Jakarata: Logos Wacana Ilmu.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pendidikan Keagamaan Islam
Rahmat, Saeful Pupu. 2009. Penelitian Kualitatif. Equilibrium. hlm : 2
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rusman.2017.Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Charisma Putra Utama
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sholihah, Fasihatus. 2017. Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Keaktifan Ibadah Sholat Peserta didik Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3: Surabaya.Jurnal Pendidikan Islam
Supardi. 2016. Penilaian Autentik:Pembelajaran Efektif,Kognitif,dan Psikomotor. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada
Suprihatiningrum,Jamil.2016.Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.Jogyakatra:Ar Ruzz Media
Suryana. 2010. Metodologi Penelitian: Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Buku Ajar Perkuliahan.
Susanto, Ahmad. 2014.Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Prenada.
Susiyanti. 2016. Pembelajaran PAI dalam Membentuk Karakter Islami Di SMA N 9 : Bandar Lampung. Skripsi
Undang-undang RI No. 20 tahun 2003
Warsono, Fx. 2015. Peningkatan Kemandirian Belajar SMK pada Mata Diklat Teknologi Mekanik dengan Metode Problem Based Learning: Jurnal JPTK (Vol 22, No 4, Oktober 2015).
Yusnita, Y., Eriyanti, F., Engkizar, E., Anwar, F., Putri, N. E., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Effect of Professional Education and Training for Teachers (PLPG) in Improving
Pedagogic Competence and Teacher Performance. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 123-130.
Zafirah, A., Agusti, F. A., Engkizar, E., Anwar, F., Alvi, A. F., & Ernawati, E. (2018). Penanaman nilai-nilai karakter terhadap peserta didik Melalui permainan congkak sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).
Copyright (c) 2020 Guswati Guswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.